Jumat, 23 Januari 2015

10 Wasiat Imam Hasan Al-bana

Diposting oleh Achelia Afiyanti di 08.13
1. Sholat di awal waktu. Bangunlah segera untuk sholat bagaimanapun keadaan. Bukankah Allah telah memudahkan manusiaNya yang hendak tunaikan ibadah? Tidak ada alasan untuk nggak mengerjakan sholat ya.
2. Selalulah membaca dan mentelaah Al-Qur'an, buku-buku, mendengar ceramah agama, berdzikirullah dan jangan membuang masa dengan perkara yang tidak berfaedah.
3. Bersungguh-sungguh untuk bisa berbahasa arab dengan fasih.
4. Jangan banyak bertengkar dan mengundang perdebatan di berbagai kesempatan.
5. Jangan terlalu banyak tertawa, sebab tertawa yang berlebihan akan mengeraskan hati. Bagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW, yang telah disampaikan oleh 'Aisyah Radhiallaahu anha : "Belum pernah  aku melihat Rasulullah tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan anak lidah beliau. Namun beliau hanya tersenyum." (HR. Muttafaq 'alaih) . dan sesungguhnya Allah memanggil jiwa-jiwa yang tenang.
6. Jangan banyak bergurau, karena umat yang berjihad itu selalu serius dengan amanah yang di jalankan. Maka bersungguh-sungguhlah dalam keseriusan.
7. Jangan mengeraskan suara yang tidak perlu ketika bercakap dengan orang lain, dan bercakap sesuai yang dibutuhkan.
8. Jauhi ghibah, perbuatan mengumpat atau menyakiti orang lain dalam bentuk apapun.
9. Berkenalan dengan saudara-saudara sesama muslim yg kamu temui meskipun tidak diminta. Tentunya dengan adab ; yang akhwat dengan akhwat dan yang ikhwan dengan ikhwat , jangan sebaliknya.
10. Gunakan masa dengan sebaiknya dan ringkaslah pelaksanan pekerjaan rumah daripada waktu yang tersedia.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Regnum Imaginaria Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei